Header Ads

Breaking News
recent

Sensasi Makan dalam Suasana Gelap di O.Noir Restaurant


Pernahkah membayangkan bagaimana rasanya menyantap sesuatu yang tidak dapat dilihat? Jika Anda seorang yang menyukai tantangan, pasti ingin merasakan sensasinya. Anda bisa datang ke O.Noir Restaurant untuk menyantap makanan dalam keadaan. Ide unik makan dalam gelap yang diusung oleh O.Noir Restaurant kini telah tersebar di berbagai negara seperti Australia, Los Angeles, New York dan Toronto. Sebelum mendirikan O.Noir Toronto pada tahun 2009, O.Noir group membuka O.Noir Montreal pada tahun 2006.


Konsep unik ini terinspirasi dari Jorge Spielman, seorang pastur tunanetra di Zurich yang terbiasa meminta tamunya memakai penutup mata ketika makan bersama. Jorge ingin membuat tamunya merasakan sensasi yang selama ini ia rasakan ketika makan tanpa cahaya sedikit pun. Sejak pertama kali dibuka hingga kini O.Noir Restaurant tidak pernah sepi pengunjung. Mau tahu mengapa konsep unik ini begitu menarik pelanggan?


Pertajam indera penciuman dan perasa

Dalam keadaan gelap gulita fungsi indera penglihatan akan menurun drastis, hal ini akan memaksa indera yang lain berfungsi lebih optimal. Pengunjung yang menyantap makanan dalam keadaan gelap akan lebih peka terhadap tekstur, aroma dan rasa makanan. Sehingga pengunjung dapat lebih merasakan lezatnya hidangan yang telah disajikan.


Rasakan menjadi orang buta

Di O.Noir Restaurant pengunjung tidak diperkenankan untuk memakai benda yang berpotensi menimbulkan cahaya, seperti telepon genggam, jam tangan, korek api dan sebagainya. Pengunjung harus mematikan telepon genggamnya dan menyimpan benda-benda yang mengandung cahaya. Jika pengunjung ingin melakukan panggilan dengan telepon genggam, pengujung dipersilakan melakukannya di toilet.

Meskipun O.Noir Restaurant menyediakan tempat khusus yang memiliki penerangan, namun tempat ini hanya digunakan untuk alasan-alasan tertentu, seperti untuk melihat menu dan melakukan pembayaran. O.Noir berharap setelah pengunjung menikmati hidangan dalam keadaan gelap total selama satu sampai dua jam dapat memahami dengan baik bagaimana rasanya menjadi seorang tunanetra sehingga bisa lebih berempati dan meningkatkan kepekaan diri.


Berikan kepercayaan penuh pada pramusaji

Hal lain yang juga unik di O.Noir Restaurant adalah seluruh pramusaji adalah tunanetra. Menurut O.Noir tidak ada orang yang lebih mampu melaksanankan tugas di tempat tanpa cahaya selain pramusaji yang tunanetra.  Pertama kali datang, pengunjung akan diberi waktu untuk memilih menu pada tempat yang memiliki penerangan setelah itu pramusaji akan mengarahkan pengunjung pada tempat yang tidak memiliki penerangan sedikit pun. Pengunjung harus memberi kepercayaan penuh kepada pramusaji yang mengantarnya. Pengunjung pun harus mempercayakan kesesuaian menu yang telah dipesan.


Rasakan sensasi yang berbeda

Makan tanpa bisa melihat makanan dan lawan bicara tentu akan memberi sensasi yang tidak biasa. Pengunjung akan terfokus pada hidangannya dan harus membiasakan diri dengan kondisi yang gelap. Perasaan tertantang juga akan dirasakan oleh pengujung. Pengalaman ini tentu akan menyenangkan jika dinikmati bersama teman maupun keluarga.

Ide menarik O.Noir Restaurant juga memiliki kelebihan tersendiri, yaitu pemberdayaan tunanetra. Konsep ini membuka peluang kerja untuk para tunanetra dan mencoba membagikan perasaan mereka pada pengunjung. Konsep yang unik sekaligus bermuatan positif.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba konsep restoran ini? Pastinya! Nah, tunggu apa lagi. Segera datangi O.Noir Restaurant dan rasakan sensasinya!
Diberdayakan oleh Blogger.