Header Ads

Breaking News
recent

Cara Jitu Buka Bisnis Laundry Hemat Modal


Laundry. Usaha yang kian marak ini memang tidak surut popularitasnya dan tidak pernah sepi pelanggan. Usaha ini kini semakin banyak peminatnya, namun beberapa calon pengusaha laundry rata-rata belum berani membuka usaha sendiri dikarenakan terkendala satu hal saja yaitu modal. Banyak sekali dari mereka sudah memiliki angan-angan ingin menjadi wirausahawan namun berbatas atas modal yang Anda miliki.

Bagi Anda yang ingin membangun suatu usaha laundry namun tidak memiliki modal yang terlampau banyak, Anda bisa mencoba terobosan baru mengikuti bisnis waralaba laundry. Saat ini usaha laundry ini sudah memiliki dua kategori yaitu laundry waralaba atau sering disebut dengan franchise atau usaha waralaba dan laundry yang dibangun sendiri dengan uang dan sarana prasarana berasal dari Anda.


Sebagai langkah awal untuk Anda yang merupakan pemula sebaiknya pilhlah usaha franchise atau waralaba karena menguntungkan dua belah pihak baik pemilik franchise dan pemakai franchise, karena keduanya sebenarnya akan mendapat kemudahan dan keuntungan masing-masing. Bagi franchisor, dia akan sangat terbantu oleh franchisee dalam hal pertambahan jumlah pelanggan mereka tanpa mereka lakukan sendiri.

Sedangkan pihak franchisee sebenarnya cukup menanam beberapa dana sebagai syarat awal dari pemilik franchise, sementara dalam hal mendapatkan pelanggan atau konsumen justru jika Anda memilih franchise untuk hal ini dapat dijamin konsumen yang akan didapatkan tidak terlalu sulit. Karena pelanggan akan tahu bahwa usaha franchise yang dikelola Anda ini yang sudah memiliki brand atau produk yang bagus. Sehingga yang harusnya diperhatikan adalah bagaimana cara mengembangkan brand atau produk yang sudah bagus itu menjadi lebih terkenal.

Dalam sistem franchise seperti dituliskan diatas, pihak franchisor hanya meminjamkan nama usahanya yang sudah besar kepada calon franchisee dengan beberapa syarat yang telah diajukan dan kemudian setelah disepakati barulah terbangun usaha baru. Sistem ini menjadi sangat berkembang saat ini karena sebagian orang berpikiran bahwa dengan menggunakan nama usaha laundry yang sudah besar akan memudahkan promosi dalam memperoleh konsumen atau pelanggan, selain itu modal yang dia keluarkan diawal dapat dengan cepat kembali karena para masyarakat pasti sudah mengetahui apa keunggulan laundry ini.


Pada dahulu kala sebenarnya bisnis laundry ini hanya diperuntukkan bagi mereka masyarakat kalangan menengah atas. Ini memiliki maksud bahwa, orang–orang yang menggunakan jasa laundry ini hanya orang-orang kelas atas atau bisa saja disebut orang kaya saja. Hal ini ternyata bukan menjadi isapan jempol belaka, karena dapat dibuktikan dengan fakta bahwa dahulu, orang-orang yang memiliki baju berkualitas adalah orang-orang dari kalangan menengah.

Akan tetapi sekarang, jasa laundry tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan elit maupun eksekutif, semuanya kini dapat menggunakan jasa ini karena harganya yang terjangkau dan melihat pangsa besar yang lumayan, pangsa pasar besar itu antara lain seperti mahasiswa, masyarakat umum, dan karyawan. Selain itu, jasa laundry pun memberikan layanan yang spesial kepada golongan tersebut, yaitu hemat khas anak kos yang biasanya berupa paket khusus mahasiswa atau member yang harganya berbeda dengan biasanya.

Nah, itulah tadi artikel tentang cara bagaimana membuka bisnis laundry dengan modal yang minim. Apakah Anda tertarik dengan bisnis semacam ini? Pastinya tertarik. Nah, tunggu apa lagi. Ayo segera berbisnis!
Diberdayakan oleh Blogger.