Header Ads

Breaking News
recent

Belajar Bisnis dari seorang Aryanto Mangundihardjo


Setiap orang pasti mempunyai angan-angan untuk bisa hidup sukses dan melakukan apa yang ia senangi. Di dunia ini, hanya terdapat dua tipe orang. Pertama, orang yang mempunyai mimpi namun takut untuk mewujudkannya. Kedua, orang yang mempunyai mimpi dan berjuang untuk mewujudkannya. Tentu saja, orang kedualah yang akan mencapai kesuksesan dalam hidupnya.

Aryanto Mangundihardjo adalah seorang sopir taksi yang biasa saja kehidupannya. Namun, ia selalu bertekad untuk berusaha lebih maju. Tahun 2005, Arya mulai menggeluti usaha rental mobil. Awalnya, Arya mendirikan usaha rental mobil bernama Jakarta Bahana, yang menyediakan mobil-mobil rental standar pada umumnya. Setahun kemudian, Arya mengganti konsep dan mulai menyewakan mobil mewah.

Sekarang, di usianya yang belum mencapai 40 tahun, Arya telah berhasil menjadi pengusaha rental mobil mewah. Usaha rental mobil mewah ini diberi nama Jakarta Limousine. Mobil yang Arya tawarkan adalah mobil Rolls-Royce Phantom, Ferrari Spider Seraph, dan lain sebagainya. Mobil Arya bahkan pernah dinaiki artis terkenal seperti Justin Bieber, Katy Perry, ketika mereka manggung di Indonesia. Inilah tips dan trik yang Anda bisa pelajari dari Arya.


Jangan takut bermimpi & mewujudkannya

Nasihat inilah yang selalu ada di benak Aryanto. Meskipun pekerjaan sebelumnya hanya seorang sopir, ia tidak pernah takut untuk mempunyai mimpi besar. Tidak hanya mempunyai mimpi, Arya juga mau untuk mewujudkan mimpi tersebut. Jika tidak berani bermimpi, Anda akan selalu berada di posisi yang sama seperti saat ini. Buatlah mimpi menjadi pacuan untuk terus maju.


Berani ambil risiko

Dengan modal 3 juta rupiah yang dia dapatkan dari sisa bisnisnya menjadi trader CPO yang gagal, Arya memulai bisnis rental mobil tersebut. Padahal, jika bisnis rental ini gagal, dia tentu akan mengalami kesulitan dalam menghidupi keluarganya. Arya betul-betul mengambil sebuah langkah besar dalam hidupnya. Namun, jangan asal dalam mengambil risiko. Ambillah keputusan yang Anda tahu pasti apa risikonya.

Pelajarilah pasar usaha Anda. Lakukan survey serta pengumpulan data jika diperlukan. Buatlah konsep atau gambaran besar dari usaha yang akan Anda tekuni. Pastikan bahwa sudah yakin dan matang dengan konsep usaha. Nah, jika anda sudah melakukan semua hal ini, barulah Anda boleh berani dalam mengambil risiko.


Punya kemauan yang keras

Arya pernah mengalami banyak permasalahan dalam perjalanan hidupnya. Arya pernah membuka agen koran ketika dia masih duduk di bangku SMA. Arya juga pernah berprofesi sebagai sopir taksi. Namun, satu hal yang perlu dikagumi, Arya tidak pernah menyerah untuk mencapai impiannya membuka usaha. Jika kemauan Anda tidak cukup tinggi, ketika menghadapi masalah ditengah jalan, Anda akan cepat menyerah.


Jeli dalam melihat peluang

Bekerja menjadi sopir taksi selama tujuh tahun membuka mata Arya. Arya berhasil melihat peluang bahwa bisnis rental mobil memiliki prospek yang cukup tinggi. Banyak orang yang memerlukan mobil untuk bepergian. Melihat permintaan pasar yang besar dan masih terdapat celah, Arya memberanikan diri untuk terjun ke dunia rental mobil di tahun 2005.

Ketika mengantar seorang pebisnis asal Rusia di tahun 2006, Arya mendapatkan ide baru yang sampai sekarang ini dia jalankan, yaitu bisnis rental mobil mewah. Pebisnis asal Rusia itu mengeluh karena kesulitan mendapatkan mobil mewah yang dapat ia gunakan di Jakarta. Mengetahui peluang tersebut, Arya tidak ragu mengubah bisnisnya dari rental mobil biasa ke rental mobil mewah. Bisnis rental ini pun sukses dijalankan Arya sampai sekarang.


Manfaatkan relasi Anda

Ketika Arya menjalankan bisnis rental mobil pertamanya di tahun 2005, Arya sama sekali tidak memiliki mobil. Lalu, darimana mobil yang Arya sewakan? Ternyata, Arya mengajak para koleganya yang memiliki mobil untuk bekerja sama dengannya. Tentu saja Arya akan membagi hasil yang ia dapatkan dengan koleganya.

Jagalah selalu hubungan pertemanan Anda. Kalau bisa, jangan pernah mencari masalah atau ribut dengan teman. Syukurilah teman-teman yang Anda punya sekarang ini, dan jangan pernah meremehkan mereka. Siapa tahu kedepan nanti, Anda bisa saling bekerja sama dengan baik.


Promosikan bisnis Anda

Pada awal Arya membuka bisnis usaha rental, tak seorang pun mengenal usahanya. Langkah awal yang Arya lakukan adalah memasang sebuah iklan baris di surat kabar. Darisitulah, banyak orang yang kemudian menelepon untuk memakai jasa rental mobil Arya. Jadi, sebuah promosi bisnis sangatlah diperlukan sebagai langkah agar bisnis Anda diketahui orang lain.

Setelah nama Jakarta Limousine terkenal, Arya sudah mengurangi, bahkan hampir tidak pernah melakukan promosi. Pelanggan Aryalah yang mempromosikan usahanya ke teman-teman atau rekan kerja mereka. Promosi dari pelanggan inilah yang membuat usaha Arya semakin dikenal dikalangan pebisnis kelas atas. Arya tidak perlu susah-susah untuk mencari kenalan untuk menawarkan jasa rental mobilnya.


Matangkan konsep usaha Anda

Fokuslah untuk mengembangkan satu hal di satu waktu. Sama seperti Arya, sebelumnya dia membuka usaha rental mobil biasa. Setelah ia menyadari bahwa permintaan rental mobil mewah sama sekali belum terpenuhi, Arya langsung merubah strateginya dan mulai menyewakan mobil mewah. Arya meninggalkan usaha rental mobil biasa yang ia lakukan. Arya ingin fokus dan mematangkan konsep usahanya di rental mobil mewah.

Memilih untuk fokus ke satu bidang usaha merupakan langkah yang tepat. Apalagi jika Anda adalah pebisnis baru dan belum mengerti tentang arus dunia bisnis yang tak menentu. Anda harus mengetahui luar dalam dari bisnis. Setelah  mematangkan usaha ini sampai betul-betul lancar segala prosesnya, lalu Anda bisa mulai memikirkan ide usaha lain.


Berikan yang terbaik bagi pelanggan

Salah satu kunci untuk sukses adalah merebut hati pelanggan. Hal inilah yang dilakukan oleh Arya, dengan cara memberikan yang terbaik untuk pelanggan.  Keunggulan yang dimiliki oleh usaha rental mobil mewah Arya adalah pelayanannya. 98% pengemudi mobil Arya menguasai bahasa Inggris. Mereka tidak akan bermasalah dalam menghadapi ekspatriat.

Selain mahir dibidang bahasa, para sopir ini juga merupakan sopir pilihan yang berkualifikasi dalam bidangnya. Jadi, para sopir pasti mengemudi dengan baik serta tidak ugal-ugalan dalam menyetir Mereka tahu bagaimana cara mengatasi bahaya seperti demo, serangan mendadak, dan lain sebagainya. Mereka bisa memberikan rasa aman serta kenyamanan bagi para pelanggannya.


Berikan fasilitas yang berbeda

Mobil Arya tidak hanya mewah saja, namun memiliki fasilitas unggulan lainnya. Contohnya saja, mobil kedap suara, kulkas kecil, minuman ringan, buku, majalah, serta koran dapat ditemukan di mobil rental Arya. Pelanggan tentu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia didalam mobil. Fasilitas yang diberikan oleh Arya inilah yang membuat pelanggan setia dengan Jakarta Limousine dan tidak pernah bosan untuk memakai jasa Arya.
Diberdayakan oleh Blogger.