Header Ads

Breaking News
recent

9 Tips Promosi Ojek Motor


Masyarakat yang tinggal di kota besar semakin diburu waktu. Waktu yang mereka punya terbatas, sedangkan mereka harus menyelesaikan banyak hal didalam satu hari tersebut. Kondisi ini membuat banyak ojek motor berlomba-lomba dalam menawarkan jasanya. Ada beberapa tukang ojek yang hanya menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan, ada juga yang merupakan pekerjaan tetapnya.

Persaingan usaha ojek motor yang tinggi membuat omset semakin menurun. Banyak pesaing-pesaing baru yang mencoba peruntungannya karena usaha ojek motor mudah dilaksanakan. Terkadang, sengitnya persaingan bisa membuat tukang ojek sama sekali tidak mendapatkan pelanggan dalam satu hari. Agar bisa bertahan di sengitnya persaingan usaha ojek motor, berikut beberapa tips promosi agar usaha ojek motor Anda tetap ramai.


Nongkrong di tempat ramai

Promosi ini bisa dibilang sebagai promosi dijalan paling efektif. Anda langsung menceburkan diri Anda ke kolam ikan untuk mendapatkan ikan yang banyak. Pada saat nongkrong ditempat ramai, tentu akan terlihat oleh banyak orang dan reputasi sebagai tukang ojek juga makin dikenal. Terlebih jika Anda nongkrong di kompleks perkantoran besar seperti Mega Kuningan di Jakarta yang jumlahnya mencapai puluhan ribu pegawai.

Dari sekian puluh ribu orang yang lewat dalam satu hari di kawasan tersebut, paling tidak pasti ada satu orang yang akan memakai jasa Anda, bukan? Jadi, pastikanlah bahwa selalu nongkrong di tempat yang ramai. Setelahnya, jangan lupa berteriak sambil menawarkan jasa ojek pada orang-orang yang lewat. Jangan malu-malu dan manfaatkan keramaian tersebut.


Beri nomor telepon di sepeda motor 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat satu lembar kertas yang berisi nomor telepon, lalu tempelkan di salah satu bagian dari sepeda motor, contohnya di bagian badan motor. Jadi, Anda bisa selalu berpromosi meskipun sedang membawa penumpang lain atau sekedar lewat di jalan. Orang yang kebetulan melihat nomor telepon bisa menyimpan nomor telepon Anda untuk dia hubungi di waktu depan. Tetapi, jangan sampai tempelan dari nomor telepon ini mengganggu aktifitas dalam bersepeda motor ya. Anda tentunya tidak ingin merugikan diri sendiri.


SKSD dengan penumpang

Promosi yang satu ini mengandalkan keahlian dalam berbicara. Anda tentu pernah berbicara atau mengobrol dengan seseorang bukan? Hal ini sangat mudah untuk diterapkan, hanya perlu sok kenal sok dekat (SKSD) dengan penumpang. Anda bisa menawarkan jasa ojek setiap hari bagi pelanggan. Selain itu bisa menawarkan nomor telepon untuk disimpan oleh pelanggan, siapa tahu jika pelanggan membutuhkan ojek, Anda siap untuk menerima panggilan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya apakah ada teman-teman yang lain selain pelanggan yang biasanya membutuhkan ojek. Tanyakan juga biasanya jam berapa pelanggan mencari ojek. Anda juga bisa meminta tolong dengan halus agar pelanggan bisa merekomendasikan ojek ke teman-temannya. Dengan metode ini, usaha ojek Anda bisa dikenal orang banyak.


Sebarkan jasa Anda melalui SMS atau media sosial

Untuk yang satu ini, mungkin membutuhkan pulsa dalam pelaksanaannya. Anda bisa menyebarkan jasa ojek melalui SMS beruntun. Untuk nomor-nomor ponsel yang Anda tuju, bisa meminta informasi dari toko-toko pulsa disekitar tempat nongkrong. Cara lain, Anda bisa meminta informasi kontak dari pelanggan atau orang terdekat.

Cara yang lebih modern yang paling banyak dilakukan adalah menyebarkan jasa melalui media sosial. Cara ini mungkin terkesan agak menyimpang karena usaha ojek bukanlah skala nasional, melainkan hanya terletak di satu kompleks tertentu. Namun, tidak ada salahnya dicoba. Coba sebarkan jasa ini di facebook, twitter, dan lain sebagainya agar usaha ojek Anda makin dikenal.


Bantuan dari orang lain untuk menyebarkan informasi


Pekerjaan yang dilakukan sendirian tentu lebih ringan jika dilakukan bersama-sama. Begitu pula halnya dengan promosi. Jika hanya Anda sendirian yang berpromosi, tentu jangkauan tidak bisa seluas yang Anda inginkan. Pelanggan juga belum tentu tahu atau menganggap promosi itu serius jika tidak ada sumber lain yang mendukung. Disinilah relasi bisa sangat membantu Anda dalam berpromosi.

Manfaatkan relasi yang Anda punya dengan baik. Anda bisa meminta bantuan mereka dalam menyebarkan informasi melalui pesan beruntun dari ponsel mereka. Penyebaran informasi dari mulut ke mulut juga sangat efektif. Orang umumnya lebih yakin jika bercerita dengan mereka daripada membacanya di pesan ponsel. Sebagai imbalan, setidaknya bisa mentraktir minuman ringan atau membelikan pulsa untuk relasi Anda.


Bagikan brosur

Ini adalah cara agak kuno namun masih bisa diterapkan sebagai salah satu metode promosi. Buatlah sebuah brosur yang terlihat professional serta memberikan informasi yang jelas dan tidak berbelit. Bagikan brosur ini kepada para pejalan kaki dipinggir jalan. Cara lainnya, Anda bisa menitipkan brosur ini ke resepsionis gedung untuk disebarkan kepada karyawan atau orang yang memasuki gedung tersebut. Tentu Anda perlu memberikan komisi bagi penyebar brosur, terkecuali jika orang itu adalah kenalan dekat.


Bergabung di pangkalan ojek

Biasanya, para tukang ojek didalam satu pangkalan akan saling membantu satu sama lain untuk urusan mendapatkan pelanggan. Perkumpulan para ojek tentu akan merekomendasikan teman-teman ojek mereka yang satu klub dibandingkan dengan yang lain. Jadi, tidak ada salahnya Anda bergabung di pangkalan ojek. Jaringan serta koneksi akan semakin luas.


Pasang spanduk di depan rumah 

Hal ini bisa menjadi efektif jika rumah Anda berada disekitar pangkalan ojek. Spanduk yang dibuat tidak perlu terlalu ramai, yang paling penting informasi yang mau Anda sampaikan jelas. Spanduk harus berisi nama Anda, apa yang ditawarkan, nomor telepon, serta jangkauan area ojek. Ukuran spanduk pun tidak usah terlalu besar, asal bisa dilihat oleh orang dan tulisannya pun jelas.

Spanduk yang akan buat tentu akan dilihat oleh orang yang melewati rumah Anda. Meskipun sifatnya pasif, namun dengan spanduk, orang bisa berdiam sebentar untuk mencatat informasi kontak Anda. Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu tentang usaha ojek. Jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan tukang ojek, mereka bisa saja memakai jasa Anda.


Buat ojek 10 gratis 1 kali 

Mungkin hal ini belum pernah dilakukan oleh tukang ojek pada umumnya. Sama seperti halnya gratis minuman atau produk di toko, hal ini juga anda bisa berlakukan di ojek. Berikan stempel atau kertas kecil untuk disimpan oleh pelanggan. Jika jumlahnya sudah mencapai sepuluh, pelanggan bisa menukarkan kupon atau stempel yang mereka punya dengan satu kali ojek gratis. Hal ini bisa membuat pelanggan senang dan selalu memakai ojek Anda.
Diberdayakan oleh Blogger.