Header Ads

Breaking News
recent

8 Kendala Usaha Servis / Bengkel yang Baru dan Cara Menanggulanginya


Mayoritas kemacetan di jalanan Indonesia, terutama di kota besar, disebabkan oleh kendaraan. Dimana-mana, jalanan di padati oleh kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Meskipun jalanan sudah sangat macet dan padat, permintaan kendaraan justru semakin meningkat. Salah satu yang menyebabkan permintaan terus naik adalah semakin terjangkau harga kendaraan yang ditawarkan. Berbagai metode pun tersedia, mulai dari tidak perlu uang muka sampai bunga cicilan nol persen.

Seluruh kendaraan yang berada di jalan tersebut tentu memerlukan perawatan rutin. Meskipun sudah melakukan perawatan rutin, terkadang bisa terjadi diluar prediksi. Contohnya saja, kendaraan bisa rewel di tengah jalan karena ada spare-part rusak, atau ban yang mendadak gembos. Untuk mengatasi hal ini, berbagai usaha servis atau bengkel bermunculan. Sekarang ini, banyak terdapat servis atau bengkel resmi maupun umum yang tersebar di penjuru kota.


Meski jumlah usah servis atau bengkel sudah cukup banyak, tidak jarang ada kompetitor baru yang masuk. Rata-rata mereka bukan bengkel resmi, tetapi hanya bengkel lokal yang mengerti teknik reparasi kendaraan. Sayangnya, terkadang usaha servis atau bengkel yang baru masih belum memahami pasar dan terkadang terlindas oleh persaingan yang sudah ada. Berikut kendala yang biasanya dihadapi oleh pengusaha rental baru serta cara untuk menanggulanginya.


Nama tidak dikenal

Anda adalah seorang pengusaha baru, tentu saja nama usaha juga masih baru dan belum dikenal. Banyak usaha servis lain yang sudah memiliki nama. Pelanggan cenderung memilih tempat servis yang sudah mereka kenal namanya. Meskipun berkualitas sama, jika nama lebih dikenal dan sudah umum, maka hati juga lebih tenang ketika memakai jasa servis di tempat tersebut.

Agar bisnis bisa dikenal oleh banyak orang, Anda bisa melakukan promosi secara berkala. Promosi tersebut dapat melalui surat kabar, radio, brosur, maupun media sosial. Budget untuk melakukan promosi juga perlu diperhitungkan. Jangan sampai Anda menghabiskan uang hanya untuk melakukan promosi. Pilihlah promosi yang akan efektif untuk usaha servis Anda.


Banyak pelanggan yang memiliki bengkel favorit

Selain masalah nama yang baru, terkadang pelanggan sudah mempunyai bengkel favorit atau bengkel langganan. Jika pelanggan sudah mempunyai satu bengkel langganan, mereka jarang mau berpindah ketempat lain. Pasalnya, bengkel langganan pasti sudah tahu dengan keadaan kendaraan serta sejarah dari servis kendaraan yang telah Anda lakukan. Meskipun pelanggan sudah mempunyai bengkel favorit, Anda juga masih mempunyai kesempatan untuk menonjol dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Bagi Anda yang masih baru dalam servis kendaraan, harus bisa menciptakan image yang berbeda. Tidak hanya image saja yang berbeda, namun juga harus bisa memberikan kualitas lebih bagi pelanggan. Contohnya saja, Anda memberi jaminan mobil pasti betul setelah servis. Jika satu hari setelah servis mobil masih bermasalah, pelanggan bisa mengembalikan mobilnya kembali untuk diservis secara gratis serta mendapatkan diskon untuk servis berikutnya.


Dibandingkan dengan bengkel lain

Kendala ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik bengkel baru, tetapi juga pemilik bengkel yang sudah lama. Biasanya, yang suka membanding-bandingkan bengkel satu dengan yang lainnya adalah pelanggan-pelanggan yang suka ganti-ganti tempat servis bengkel. Setelah servis dan menggunakan mobil mereka, mereka akan membandingkan hasil servis antara satu dengan lainnya.

Sebagai pemilik usaha servis, Anda memang tidak bisa menghindari hal ini. Namun, agar memiliki komentar yang lebih bagus saat dibandingkan, pastikan Anda selalu memberikan kualitas yang terbaik.


Servis tidak beragam 

Sebagai pendatang baru di usaha servis kendaraan, servis yang Anda tawarkan pasti tidak sebanyak bisnis servis yang sudah lama berdiri. Untuk bisa menawarkan servis yang beragam, tentu harus menstabilkan servis Anda yang lain. Lebih baik fokus untuk memberikan yang terbaik di servis yang telah ada daripada menawarkan banyak servis namun hasilnya tidak maksimal. Untuk mengatasi hal ini, Anda sebaiknya segera mengembangkan bisnis secara terus menerus agar bisa memberikan aneka pilihan servis bagi pelanggan.


Servis diragukan

Segala sesuatu yang baru biasanya akan dipertanyakan oleh pelanggan. Meski servis Anda berkualitas, namun pelanggan akan meragukannya karena masih baru dan belum banyak komentar tentang servis yang Anda berikan. Keraguan dari pelanggan jangan sampai membuat pesimis. Justru, harus membuktikan kepada pelanggan bahwa servis Anda juga tidak kalah dengan bengkel yang telah lama ada.

Anda dapat memberikan promosi harga pada awal pembukaan. Meskipun untung yang diterima berkurang, setidaknya dapat menarik perhatian pelanggan. Pelanggan mungkin ragu, tetapi mereka akan berminat mencoba karena harga promosi yang cukup murah. Perlu diingat, meskipun harga promo, jangan ikut mengurangi kualitas dari servis yang Anda berikan. Dengan memberikan harga promosi, dapat menghilangkan keraguan pelanggan serta bisa lebih mudah memperoleh pelanggan kedepannya.


Pekerja masih baru 

Para pekerja di usaha servis Anda tentu adalah orang-orang baru. Pengalaman mereka tentu masih minim serta perlu dibimbing lebih agar mereka menjadi lebih profesional. Pekerja baru biasanya belum terbiasa dalam menghadapi pelanggan. Mereka bisa saja cuek serta tidak ramah dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Pekerja baru biasanya tidak mengerti apa yang dicari pelanggan serta bagaimana cara mengkomunikasikan permasalahan yang ada kepada pelanggan.

Untuk menanggulanginya, Anda bisa memberi pelatihan singkat selama tiga hari. Dalam pelatihan ini bisa mengajarkan tentang bagaimana cara menangani pelanggan dengan baik. Anda juga bisa mempekerjakan minimal satu orang montir yang senior untuk melakukan pengawasan dalam pekerjaan yang telah dilakukan oleh para pekerja baru. Perlahan, kemampuan pekerja Anda akan berkembang seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang mereka dapatkan.


Sistem atau aturan kerja belum jelas

Ini adalah permasalahan yang sering dihadapi oleh bisnis baru. Meskipun perencanaan sudah dirancang dengan sedemikian rupa, namun dalam aplikasinya tentu masih bingung dan belum tertata dengan rapi. Hal ini tentu akan mempengaruhi performa anda dalam memberikan servis serta pembukuan anda kedepannya. Pekerja anda pun juga bisa bingung jika sistem perusahaan belum jelas.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan terus menerus memperbaiki sistem. Catatlah perkembangan serta hal-hal yang masih kurang dari sistem Anda. Pekerjakan juga seorang ahli untuk membangun sistem yang Anda inginkan. Pelajarilah dan terapkan sistem tersebut secara disiplin. Kedepannya akan lebih gampang dalam mengontrol usaha.


Pelanggan minta harga murah 

Pelanggan terkadang akan meminta diskon harga lebih murah hanya karena usaha servis Anda baru. Untuk minggu pertama, boleh menawarkan promo  diskon supaya harga murah. Selanjutnya, Anda bisa berkata bahwa promosi sudah selesai dan harga kembali normal. Pelanggan juga mendapatkan sesuai dengan harga yang mereka bayar, bahkan lebih jika kualitas benar-benar bagus.
Diberdayakan oleh Blogger.