Header Ads

Breaking News
recent

8 Alasan untuk Membuka Usaha Ojek Motor


Sekarang ini, banyak masyarakat dari kota kecil yang merantau ke kota-kota besar untuk bekerja. Biasanya, mereka akan tinggal di lokasi yang berdekatan dengan kantor mereka. Hal ini mereka lakukan untuk mempermudah akses mereka pergi ke kantor. Umumnya, para perantau ini tidak memiliki kendaraan untuk pergi ke kantor mereka. Nah, disinilah kehadiran para ojek motor dibutuhkan oleh mereka.


Selain fakta tersebut, juga terdapat keadaan mendukung seperti kemacetan tengah kota. Pasalnya, masyarakat yang tinggal di kota besar benar-benar merasakan efek dari kemacetan yang terjadi dijalan. Kemacetan ini membuat mereka membuang waktu dijalan dan terlambat dalam menghadiri pertemuan. Mereka membutuhkan transportasi yang lebih cepat untuk bisa sampai ketempat. Lebih enak lagi jika transportasi tersebut harganya terjangkau.

Dari gambaran dua hal tersebut, usaha ojek motor memiliki peluang yang sangat besar. Usaha ojek motor dapat dilakukan sendiri tanpa perlu mendirikan sebuah perusahaan yang besar. Jika Anda memang tertarik untuk mendirikan usaha ojek dalam skala besar, itu juga peluang yang bagus, karena jarang sekali dilakukan. Apapun keinginan Anda, baik itu bekerja sendiri atau membuka usaha ojek dalam skala besar, artikel ini menunjukkan 8 alasan yang akan membuat Anda yakin dalam menekuni usaha ini.


Modal minim

Anda hanya perlu memiliki sebuah sepeda motor serta sebuah SIM C untuk memulai usaha ojek motor. Sekarang ini, sepeda motor bisa didapatkan dengan uang muka nol (0) rupiah dan cicilan dengan bunga kecil di dealer sepeda motor. Bahkan, ada beberapa dealer yang tidak memakai syarat apapun. Anda bisa membeli motor dengan sangat mudah. Dari hasil ojek yang didapatkan, Anda bisa membayar cicilan sepeda motor tiap bulannya.

SIM C dibutuhkan agar diakui sebagai pengendara motor yang terdaftar di Indonesia. Pembuatan SIM C juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan berkas yang dibutuhkan lalu melalui tes tertentu untuk mendapatkan SIM C tersebut. Biayanya pun tidak sampai lima ratus ribu rupiah. Modal yang dibutuhkan dari usaha ojek sangat minim bukan?

Untuk yang ingin membuka usaha ojek motor dalam skala besar, Anda bisa menghemat modal dengan mempekerjakan tukang ojek yang sudah memiliki motor. Jadi, tidak perlu menyediakan motor lagi bagi mereka. Anda juga bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau lapangan kosong untuk mengumpulkan para ojek tersebut. Alangkah baiknya jika menyewa sebuah tempat sebagai kantor atau tempat berkumpul Anda serta para tukang ojek.


Perawatan terjangkau

Anda hanya perlu merawat sepeda motor sendiri. Perawatan sepeda motor juga tidak terlalu mahal. Pilihlah bengkel yang sudah terpercaya atau bengkel kenalan agar mendapat harga yang murah. Jika tidak mau sering-sering mengeluarkan biaya perawatan, jaga dan rawatlah sepeda motor setiap harinya. Contohnya, selalu cek mesin motor setiap hari dan jangan biarkan tangki bensin mencapai angka E.

Jika membuka usaha ojek motor dengan skala besar dan mempekerjakan banyak tukang ojek, perawatannya juga masih terjangkau. Pasalnya, yang memiliki sepeda motor tersebut juga pegawai Anda, jadi tinggal mensubsidi saja beberapa persen dari biaya perawatan motor. Jika Anda yang menyediakan semua sepeda motor, Anda bisa mengajak bengkel untuk bekerja sama agar mendapatkan harga lebih murah. Harga servis serta spare-part dari sepeda motor sendiri juga tidak sampai jutaan rupiah.


Pelanggan ingin cepat sampai

Zaman sekarang ini, waktu adalah uang. Semakin banyak membuang waktu, peluang-peluang yang bagus akan terlewat dengan mudahnya. Contohnya saja, dalam mengantar order barang. Ada pelanggan yang ingin mendapatkan barangnya tepat waktu, jika tidak mereka tidak akan membayar, atau jika barang tersebut makanan, akan kadaluarsa. Oleh karena itu, banyak orang membutuhkan alat transportasi yang cepat disaat-saat mendadak seperti ini.

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang lincah, praktis, dan cepat. Sepeda motor bisa menyelipkan diri diantara mobil-mobil yang berjejeran ketika macet. Hal ini tentu menghemat banyak waktu. Oleh karena itu, pelanggan suka naik motor karena pasti lebih cepat sampai.


Bisa melewati jalan pintas

Terkadang, ada beberapa jalan tersembunyi yang bisa anda pilih untuk menghemat waktu. Jalan pintas ini cenderung berupa jalanan yang sempit. Oleh karena itu, mayoritas dari jalan pintas umumnya hanya dapat dilalui oleh sepeda motor. Keuntungan lainnya, jika melewati jalan pintas pelanggan juga tidak usah capek-capek menunggu, terkena sinar matahari, serta debu dijalan. Ojek motor tentu harus menguasai jalan-jalan tersembunyi ini agar usaha ojeknya laku.


Malas berjalan kaki

Meskipun jaraknya sangat dekat, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak suka berjalan kaki. Mereka lebih memilih naik transportasi seperti ojek motor. Jadi, ojek motor sering dipakai untuk mengantar pelanggan ke jarak dekat. Sebagai ojek motor, sering-seringlah menunggu di daerah perkantoran atau jalan raya besar. Saat siang hari, banyak karyawan yang akan makan siang di luar, dan mereka akan membutuhkan jasa ojek Anda.


Harga terjangkau

Ongkos yang perlu dibayar untuk menggunakan ojek motor relatif terjangkau. Biasanya pelanggan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar enam sampai lima belas ribu rupiah, tergantung jarak yang ditempuh oleh ojek motor itu sendiri. Umumnya ojek motor tidak akan menerima jarak yang terlalu jauh, karena fungsi ojek motor memang untuk jarak dekat saja. Harga terjangkau inilah yang membuat ojek motor diminati oleh pelanggan dibandingkan alat transportasi lainnya.


Transportasi umum tidak memadai

Hal lain yang membuat usaha ojek motor mempunyai peluang yang cukup besar adalah keadaan transportasi umum yang ada di Indonesia. Rata-rata, keadaan transportasi umum seperti angkot, bajaj, bemo, dan lainnya sangat kumuh dan kurang layak. Belum lagi banyak orang yang menaiki angkutan umum sehingga pelanggan harus berdesak-desakan di dalam. Oleh karena itu, masyarakat mencari pilihan transportasi lain yang lebih nyaman. Salah satunya adalah ojek motor yang harganya masih wajar.


Tidak memiliki transportasi

Ini adalah alasan utama mengapa ojek motor memiliki peluang yang sangat bagus. Di zaman sekarang ini, akan susah sekali jika tidak memiliki transportasi. Banyak orang yang ingin berpergian namun terhalang oleh kendala biaya dan transportasi. Oleh karena itu, ojek motor hadir agar pelanggan bisa berpergian sesuka hati.

8 hal diatas adalah alasan mengapa harus membuka usaha ojek motor. Anda bisa memulai usaha ini sesegera mungkin. Semakin cepat memulai usaha, tentu semakin baik karena Anda akan berada satu langkah didepan kompetitor. Tidak ada hal yang mustahil sebelum mencobanya. Selamat mencoba dan semoga Anda meraih kesuksesan!
Diberdayakan oleh Blogger.