Header Ads

Breaking News
recent

6 Tips Memulai Bisnis Laundry



Pakaian adalah sesuatu yang kita kenakan setiap hari, dari pakaian yang kita gunakan itu akan muncul pakaian pakaian kotor yang terkadang membuat orang malas untuk mencuci, karena daftar kesibukan mereka yang tidak memungkinkan.

Lahan bisnis bernama laundry yang ternyata merupakan jasa pencucian pakaian kotor para konsumen ini merupakan jasa paling marak ditemui saat ini. Saat ini banyak orang berlomba-lomba membangun usaha laundry, bahkan dikota-kota besar jasa laundry dapat kita temui dengan sangat mudah, hanya berjarak berapa ratus meter saja kita dapat menemukan bermacam-macam nama usaha laundry.


Pengertian Laundry sendiri adalah proses pencucian untuk menghilangkan berbagai jenis kotoran dan noda serta proses sanitasi ditextile. Usaha ini saat ini banyak dilirik banyak sekali masyarakat karena peluang usaha ini tidak akan pernah sepi, siapapun akan membutuhkan jasa untuk mencucikan pakaian mereka meskipun sudah ada pembantu dirumah. Tapi terkadang banyak sekali orang yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk membangun usaha ini, jadi bagi kalian yang ingin membangun usaha laundry sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:


Lakukan survey

Melakukan survey merupakan hal wajib yang mesti Anda lakukan pertama kali. Survey yang dilakukan diantaranya adalah survey tempat atau pemilihan lokasi usaha, karena letak lokasi usaha Anda akan sangat menentukan pangsa pasar atau para calon konsumen, riset pemasaran yang harus sangat diperhatikan adalah harga yang dipatok yang mempunyai laundry tersebut untuk usahanya, dan apa pendekatan yang harus dilakukan dengan calon konsumen tentang bisnis yang akan Anda jalankan.


Buat inovasi bisnis

Buat perbedaan atau inovasi dalam bisnis Anda karena para konsumen begitu menyenangi hal-hal baru maka Anda harus ciptakan pembeda antara usaha Anda dengan usaha lainnya. Untuk langkah ini sebenarnya bermacam-macam cara, dapat dilakukan dengan memberikan diskon, voucher, penawaran harga khusus, layanan antar jemput hingga memberikan pelayanan laundry dengan deterjen atau sabun sesuai pilihan konsumen.

Bukan hanya itu, buat juga konsep desan untuk usaha semenarik mungkin ditambah dengan pelayanan yang ramah sehingga siapapun konsumen yang datang ke tempat usaha laundry Anda selalu senang, dan menjadikan Anda langganan. Selain itu Anda harus melakukan pelayanan tepat seperti apa yang anda janjikan.


Lakukan promosi

Setelah dua hal diatas, langkah selanjutanya yaitu memperhatikan promosi. Langkah ini harus Anda perhatikan dengan jeli karena kegiatan promosi berkaitan erat dengan biaya pengeluaran. Cara promosi yang sering dilakukan dan juga terbukti ampuh adalah seperti dari mulut ke mulut, acara keluarga, arisan, iklan melalui pamflet, brosur, spanduk, bahkan melalui media radio dan sebagainya. Ingatlah promosi yang akan Anda lakukan sangat mempengaruhi konsumen yang datang pada Anda.


Susun langkah operasional

Susun langkah operasional. Mengingat usaha yang akan dibangun ini diharapkan dapat bertahan dengan jangka waktu sangat lama maka selalu jelilah dalam operasional usaha Anda. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk menjadi tenaga bantu, pilihlah orang yang berkompeten serta telaten dan beri pelatihan yang dapat membantunya bekerja dengan prima.


Tentukan peralatan yang ingin digunakan

Susun peralatan-peralatan yang akan digunakan. Perhatikan alat-alat atau bahan penunjang dalam bisnis ini seperti mesin setrika, pengering, penimbang, plastik pembungkus, deterjen, sabun, pengharum dan masih banyak lagi. Yang terpenting, gunakan semua peralatan atau bahan operasional secara efisien dan seefektif mungkin.


Tentukan harga

Tentukan harga untuk laundry Anda. Patokan harga perkilo untuk laundry kiloan dan harga perpotong untuk laundry satuan adalah hal yang harus sangat Anda perhatikan karena ketika Anda salah menentukan harga maka berimbas pada kelancaran usaha itu sendiri

Bisnis  bukan suatu hal yang dapat dianggap remeh, maka dari itu jika tidak mau merugi perhatikan dengan teliti usaha Anda tersebut.

Diberdayakan oleh Blogger.