Header Ads

Breaking News
recent

27 Restoran Unik di Dunia yang Wajib Diketahui

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang digadang-gadang paling prospek di Indonesia. Pertumbuhannya yang terus meningkat ditandai dengan semakin banyaknya kafe, restoran, warung, dan lain sebagainya. Herannya, hampir semua tempat makan tersebut ramai pengunjung. Misalkan saja, fenomena masakan Padang di Indonesia. Ada jutaan rumah makan Padang yang tersebar di seluruh negeri, satu hal yang mengherankan, semuanya ramai pengunjung!

Belum lagi jika ditambah dengan pembahasan mengenai inovasi. Banyak sekali inovasi-inovasi yang dihadirkan para pebisnis kuliner di Indonesia. Sebut saja beberapa inovasi yang paling sering dibahas, donat J.CO yang terkenal. Kelezatannya mampu menyaingi Dunkin Donuts yang juga sudah lama eksis. Inovasi tidak hanya dilakukan melalui menunya saja tapi berbagai aspek lainnya. Contoh lainnya yaitu Indische Koffie. Indische Koffie merupakan salah satu kafe yang ada di Yogyakarta. Kafe tersebut banyak dikunjungi karena keunikannya menggabungkan konsep kafe dengan benteng Vredeburg yang bersejarah.


Anda ingin berbisnis restoran atau kafe atau sejenisnya? Tidak hanya kelezatan menu atau sebatas harga yang terjangkau, Anda juga bisa menawarkan konsep tersendiri. Berikut ini kru BisnisHack menyajikan puluhan ide konsep restoran unik di dunia. Mulai dari yang paling indah hingga yang paling seram semua ada di sini.


1. Pay As You Please https://www.facebook.com/dynekillarney?rf=204261662927731

Restoran ini terletak di Irlandia, Eropa. Apa yang menyebabkan dia mendapat predikat unik? Keunikannya ialah mereka tidak memberikan label harga pada makanan dan pelayanannya. Tamu yang datang berhak membayar sesuai dengan kemampuan mereka. Tidak ada paksaan dan tidak ada justifikasi apapun. Meskipun menggunakan teknik demikian, jangan khawatir, pelayanan yang diberikan tetap maksimal dan memuaskan pelanggan. Slogan yang digunakan adalah ‘Pay As You Please’. Artinya kurang lebih, bayarlah sesuka hati.


2. Disaster Cafe

Dari namanya, sudah terlihat bahwa kafe ini menawarkan konsep ‘bencana’. Cafe yang terletak di Spanyol ini melakukan simulasi terjadinya gempa. Simulasi yang dilakukan tidak main-main. Gempa berkekuatan 7,8 SR dihadirkan untuk memberi kejutan pada pelanggan. Uniknya, tidak ada pemberitahuan mengenai kapan akan terjadinya gempa. Semua dilakukan seolah-olah ketika bencana terjadi. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang tidak terlupakan di benak pengunjung.


3. Dinner in the Sky

Di Belgia ada sebuah restoran dengan nama Dinner in the Sky. Kesan yang dimunculkan adalah eksklusifitas, pengalaman, dan keamanan. Coba Anda bayangkan makan di atas ketinggian 150 kaki atau sekitar 45 meter di atas permukaan tanah. Bagi Anda yang takut ketinggian, sangat tidak disarankan untuk makan di restoran ini. Demi menjaga keamanan pengunjung, teknologi yang digunakan cukup canggih. Tertarik mencoba?


4. Nocti Vagus

Nocti Vagus adalah restoran pertama di Jerman yang dijuluki restoran kegelapan. Tidak terdapat apapun kecuali kegelapan. Semua pelayanan dilakukan dalam kegelapan atau pencahayaan yang sangat minim. Namun jangan khawatir, para pelayannya sudah dibekali dengan kemampuan membaca situasi dalam kegelapan jadi jangan takut makanan yang disajikan tumpah dan mengenai baju Anda.

Dalam kegelapan, makanan yang disajikan jauh lebih nikmat. Pelanggan terbiasa menilai makanan dari penampilannya terlebih dahulu. Ketika baru diantar, biasanya komentar akan langsung mucnul padahal belum dicoba. Di dalam kegelapan ceritanya akan lain. Setiap sentuhan begitu terasa. Kelezatan makanan akan lebih nikmat. Apalagi jika ditambah dengan rasa penasaran yang tinggi.


5. De Goljer

Pernah mendengar slogan label Nike ‘Just Do It’? Restoran De Goljer di Belgia kurang lebih memiliki slogan yang sama, ‘Do It Yourself’. Pelanggan yang datang disuruh memasak dan menyiapkan makanannya sendiri. Konsep yang ditawarkan cukup aneh karena biasanya pelanngan yang datang ke restoran adalah pelanggan yang malas memasak. Namun tidak demikian ternyata, konsep tersebut berhasil memberikan tanngapan positif di kalangan konsumen.

Semua bahan sudah disiapkan. Pelanggan yang datang tinggal memasaknya. Tentu saja dengan mendapat sedikit bantruan dari koki di restoran tersebut. Dengan hanya menyediakan bumbu, banyak sekali variasi masakan yang bisa dihasilkan. Keuntungannya, pelanggan bisa mencampurkan bumbu sesuai dengan keinginan mereka. Cukup menarik bukan? Tentu saja peralatan yang disiapkan harus lebih banyak dibanding restoran lainnya.


6. La Masia Encantada 

Di mana-mana, restoran menyajikan pelayanan yang nyaman bagi para pelanggannya. Namun tidak demikian dengan satu restoran di Spanyol ini. Namanya La Masia Encantada.  Suasana horor diciptakan untuk menakut-nakuti pelanggan yang datang. Tidak ada hanya suasananya saja yang horor, dihadirkan pula tokoh-tokoh yang didandani menyerupai hantu.


7. Eternity

Secara bahasa, ‘eternity’ berarti keabadian. Namun agaknya kesan abadi yang ingin diciptakan restoran di Ukraina ini memiliki konsep yang berbeda. Suasana yang diciptakan merupakan suasana berbau pemakaman. Dari luar, desain ruangannya dibentuk seperti peti mayat. Sungguh mengerikan. Masuk ke ruangan tanpa jendela tersebut, suasananya semakin bertambah ngeri. Gelap dan horor menyelimuti. Banyak sekali peti pemakaman yang ada di dalamnya. Lengkap dengan karangan bunga. Nama menu makanannya juga cukup mengerikan misalnya ‘Let’s Meet in Paradise’.


8. Baggers

Berkunjung ke restoran ini serasa berkunjung di restoran abad ke-25. Tidak ada pelayan yang melayani. Semuanya dilakukan melalui teknologi yang canggih. Di masing-masing meja, ada monitor layar sentuh yang digunakan untuk memesan makanan. Kemudian, makanan akan diantar melalui besi yang berbentuk roller coaster yang juga ada di masing-masing meja. Teknologi yang canggih tetap tidak melupakan makanan itu sendiri. Semua menu disajikan dengan bahan-bahan organik. Sungguh restoran yang futuristik.


9. Sur un Arbre Perché

Ingin menikmati hidangan dengan santai dan tenang? Datanglah ke sini. Restoran unik ini terletak di Paris, Prancis. Sambil makan, Anda bisa sambil main di ayunan. Tepat sekali. Kursi yang disediakan berbentuk ayunan. Cukup menyenangkan. Pelayanan yang diberikan benar-benar tertuju pada konsumen.


10. El Diablo

Ingin makan masakan hasil olahan alam? Ingin merasakan yang dimasak langsung dari alam? Anda bisa berkunjung ke El Diablo, Spanyol. Restoran ini memanfaatkan gas dan api yang berasal gunung berapi aktif yang ada di sana! Sungguh menakjubkan. Melalui lubang-lubang yang ada di kawahnya, pengunjung bisa memasak masakannya sendiri. Anda bisa meniru konsep ini di Indonesia. Tentu saja bukan gunung berapi aktif. Manfaatkan sumber daya alam di Indonesia yang melimpah ruah untuk membuat konsep restoran yang unik dan nyeleneh.


11. Schepka Silver

Lokasinya terletak di Ufa, Rusia. Material dasar pembentuk restoran ini adalah kayu dan didesain dari Dark Design Group. Desain interiornya memiliki keunikan tersendiri. Di langit-langitnya terdapat rangkaian kayu-kayu berbentuk tongkat yang didesain sebagai atap. Demikian juga di bawah mejanya.


12. Tori-Tori

Restoran ini terletak di Polanco, Meksiko dan merupakan restoran Jepang terbaik di kota tersebut. Ada dua arsitek yang mendesain restoran ini yaitu Michel Rojkind dan Hector Esrawe. Desainnya sangat memikat dan membuat siapapun yang melihatnya penasaran ingin berkunjung. Dikelilingi dengan tumbuhan merambat yang berfungsi sebagai pagar, ditambah lagi dengan bentuk ruang yang unik, dan teras yang luas membuat restoran ini menawarkan kenyamanan tanpa ragu.


13. Yellow Treehouse

Dibangun di atas pohon setinggi 33 kaki atau sekitar 10 meter ini terletak di Selandia Baru. Restoran ini didirikan di atas batang pohon. Gambarnya lebih mirip seperti sangkar burung. Dindingnya terbuat dari kayu sehingga sirkulasi udara bisa mengalir dengan lancar. Kapasitas maksimal yang bisa berkunjung hanya sebatas 30 orang. Namun sayangnya restoran ini tidak lagi dibukan untuk umum namun hanya melayani permintaan konsumen yang hendak menyewa untuk acara pribadi.


14. Honeycomb

Didesain oleh arsitek asal Jepang, SAKO Arsitek, restoran ini terletak di Shenzhen, Cina. Seperti namanya, konsep restoran ini mirip dengan sarang lebah. Banyak lubang-lubang yang terdapat di dalamnya. Tidak seperti Yellow Treehouse, ruangan yang tersedia cukup luas dan bisa digunakan untuk banyak tamu. Bahkan ada pula ruangan VIP bagi mereka yang ingin mengadakan pesta pribadi. Kesan yang ingin diciptakan adalah bahwa pelanggan dibuat seolah-olah seperti seeokr lebah yang sedang berada di sarangnya. Makanan yang disajikan merupakan menu makanan dari Canton, Hunan, dan Hangzhou.


15. Les Pastilles Cap 3000

Dengan banyak kafe yang berada di luar ruangan, seorang desainer Prancis, Matali Crasset memutuskan untuk membuat sesuatu yang berbeda. Dia ingin membuat kafe tanpa jendela tapi tidak di dalam ruangan. Idenya ini kemudian diwujudkan dengan membangun kafe di dalam mall Cap 3000. Kafe tersebut terletak di dalam ruangan dan tanpa jendela.


16. Ithaa Restaurant

Jika Anda ingin menikmati makanan sambil memandangi ikan berenang, melihat terumbu karang yang cantik, dan mendengar suara gemericik air laut, datanglah ke restoran Ithaa di Maldives. Dalam bahasa setempat, ithaa berarti mutiara.  Dibangun 15 kaki di bawah Samudra India, restoran ini merupakan yang pertama di dunia yang menawarkan fasilitas demikian indahnya. Dindingnya terbuat dari kaca sehinnga Anda bisa melihat langsung bagaimana ikan bergerak dan bagaimana indahnya terumbu karang. Biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit namun hal tersebut sebanding dengan kepuasan yang Anda dapatkan.


17. Gajumaru Treehouse

Ketika kelezatan masakan dipadu dengan keindahan alam, sensasi kenikmatannya akan bertambah dua kali lipat. Kesan inilah yang dihadirkan restoran Gajumaru Treehouse di Jepang. Seperti namanya, Gajumaru Treehouse dibangun di atas pohon dan bentuknya benar-benar mirip dengan rumah pohon.


18. Ninja

Ninja? Tempat apa itu? Medan perang atau tempat makan? Ya, tidak salah. Namanya Ninja. Restoran ini terletak di New York, Amerika Serikat. Hidangan yang disajikan adalah masakan Jepang. Semua pelayannya menggunakan baju seperti Ninja untuk melayani pelanggan. Tujuannya untuk menambah kesan ‘Jepang’ di restoran tersebut. Selain itu, pelanggan dibuat seolah-olah sedang menikmati makanan di pegunungan di Jepang.


19. Modern Toilet

Pernahkah Anda melihat seseorang makan di toilet? Atau bahkan Anda sendiri pernah melakukannya? Sungguh suatu hal yang tabu dan jorok. Eits, tunggu dulu, rupanya tidak demikian dengan yang terjadi di Taipei, Taiwan. Berkat kehadiran restoran toilet. Restoran toilet merupakan restoran yang menyajikan makanannya di dalam mangkok berbentuk toilet. Begitu juga dengan ornamen dan kursinya. Alih-alih sedang duduk di kursi, yang terjadi justru Anda sedang duduk di atas toilet sambil menikmati hidangan.


20. Alice’s Fantasy

Jika Anda penggemar berat film-film Disney, Anda pasti mengenal salah satu putri cantiknya yang bernama Alice. Alice si gadis kecil dengan rambut diurai dan gaun berwarna biru ini terkenal melalui filmnya, Alice in Wonderland. Dari namanya, cukup mudah ditebak. Di restoran ini, Anda akan bertemu dengan kelinci lucu, jam besar, dan pengalaman menakjubkan lainnya. Dan menariknya, semua pelayannya berdandan seperti Alice! Kini dunia Alice tidak hanya ada di film-film tapi juga hadir di kehidupan nyata di Tokyo.


21. Heart Attack Grill

Restoran ini terletak di Las Vegas, Amerika Serikat. ‘Heart attack’ dalam bahasa Indonesia berarti serangan jantung. Restoran ini memperlakukan pelanggannya seperti pasien di rumah sakit. Pelayannya menggunakan seragam suster dan pesanan makanan dibuat sesuai dengan resep yang diberikan sang suster. Kejutan belum berhenti, menu makanan yang ditawarkan adalah makan dengan kalori dan kandungan lemak yang tinggi.


22. Cabbages and Condoms

Restoran yang terletak di Bangkok ini salah satu misinya adalah mendukung negeri Thailand untuk memerangi kasus HIV yang cenderung tinggi di negeri tersebut. Makanan yang ditawarkan mempunyai cita rasa masakan Thailand. Hiasan ruangannya dihiasai dengan banyak kondom untuk mengingatkan pengunjung mengenai bahaya HIV.


23. Snow Restaurant

Restoran ‘musiman’ ini terletak di Kemi, Finlandia. Dalam satu tahun, dia hanya buka pada sekitar bulan Januari, dan selebihnya tutup. Berhubungnya namanya ‘snow’ (salju), restoran ini hanya buka ketika musim dingin tiba. Suhunya bisa mencapai 5 derajat Celcius. Karena dibuka hanya satu tahun sekali, bagi pelanggan yang ingin berkunjung bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu.


24. Labassin Waterfall

Restoran ini terletak di Villa Escudero, Filipina. Meja yang digunakan untuk penyajian makanan terbuat dari bambu. Konsep yang ditawarkan adalah makan di air terjun. Memang bukan air terjun buatan, namun cukup mirip. Air tersebut adalah aliran dari bendungan Labassin. Selain restoran, Anda juga bisa melakukan arung jeram sambil menikmati keindahan alam dan budaya Filipina.


25. At.mosphere

Pernahkah Anda mendengar tentang Burj Khalifa? Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Restoran ini terletak di lantai 122 dengan ketinggian 1.030 meter. Namanya berhasil tercatat dalam Guinner World Record, rekor dunia, sebagai restoran tertinggi di dunia.


26. Barbie Cafe

Memasuki kafe ini membuat Anda seperti berada di negeri para Barbie. Semua ornamen dan dekorasi dikemas dalam balutan warna pink yang cantik. Para pelayannya juga demkian. Mereka berdandan seperti Barbie lengkap dengan mahkota kecilnya. Di kafe yang terletak di Taiwan ini, Anda bisa memesan berbagai macam makanan dan minuman baik dari masakan barat maupun timur.


27. JBJ Soul Kitchen

JBJ merupakan kepanjangan dari Jon Bon Jovi. Restoran ini didirikan oleh komunitas Bon Jovi di New Jersey. Tidak ada label harga pada menu yang ditawarkan. Pembayaran dilakukan dengan sukarela oleh pelanggan. Nantinya, dana yang terkumpul akan disumbangkan untuk memerangi kelaparan dan menolong yang lebih membutuhkan.

Cukup menarik bukan? Ternyata setelah diamati, banyak sekali konsep restoran unik yang bisa dikembangkan. Jika masih tidak puas dengan daftar di atas, Anda bisa membuat sesuai dengan kreativitas yang diinginkan. Tentu saja akan lebih nikmat jika restoran Anda tidak hanya memiliki makanan yang lezat dan konsep yang unik, tapi juga pelayanan yang memuaskan dan harga yang murah. Pengunjung mana yang tega menolak kesempatan tersebut?
Diberdayakan oleh Blogger.