Header Ads

Breaking News
recent

10 Kiat Sukses dalam Usaha Jasa Rental Mobil


Majunya perekenomian Indonesia membuat permintaan jasa transportasi meningkat. Masyarakat memerlukan banyak jasa transportasi untuk mempermudah kehidupan mereka. Bagi keluarga besar yang mempunyai anggota keluarga cukup banyak, mereka membutuhkan satu kendaraan yang bisa menampung anggota keluarga mereka. Mereka tentu lebih menginginkan mobil yang bisa mengumpulkan mereka menjadi satu daripada transportasi lainnya yang tercampur dengan orang lain.

Peluang inilah yang mendorong banyak orang untuk membuka jasa rental mobil. Jasa rental mobil pun ada berbagai macam jenis. Ada yang biaya sewanya per jam, 12 jam, seharian, ataupun sampai berminggu-minggu. Tentu perhitungan biaya sewanya tergantung dari lamanya kita memakai mobil tersebut. Agar anda bisa meraih kesuksesan dalam usaha rental mobil, berikut ini kiat-kiatnya.


Lokasi yang strategis

Pilihan lokasi sangat penting untuk menjadi kunci kesuksesan usaha Anda. Jika membuka usaha rental mobil di perumahan elit, sudah pasti bisnis anda tidak laku karena orang disekitar usaha Anda pasti memiliki mobil. Pilihlah lokasi di pertengahan kota, atau di dekat kompleks perkantoran. Carilah lokasi yang berada di pinggir jalan besar agar usaha anda dapat dilihat oleh orang banyak.


Ketahuilah selera konsumen

Pada umumnya, orang lebih suka menyewa mobil dengan kapasitas yang besar. Tidak lupa, dengan harga yang tentunya terjangkau. Anda bisa memilih mobil seperti Avanza, Innova, dan lain sebagainya. Jika mobil berkapasitas luas, mereka dapat menampung lebih banyak orang ataupun keluarga mereka. Mereka juga bisa memuat banyak barang untuk dibawa.

Tidak menutup kemungkinan orang akan mencari mobil kecil. Terkadang mereka yang punya pacar baru dan ingin bergaya di depan pacar bisa saja menyewa mobil kecil. Untuk berjaga-jaga, sediakanlah mobil kecil hanya satu atau dua saja, sisanya Anda sediakan mobil yang berkapasitas besar. Hal ini untuk meminimalisasi risiko Anda.


Manajemen yang baik

Arsip-arsip yang dimiliki oleh perusahaan rental mobil pasti banyak. Setiap pelanggan akan melakukan transaksi, tentu pelanggan perlu memberikan data diri mereka. Susunlah informasi pelanggan tersebut dengan rapih atau menurut formasi tertentu. Anda bisa mengurutkannya sesuai tanggal dan jenis mobil. Jika Anda membutuhkannya sewaktu-waktu dapat dengan mudah menemukannya. Siapa tahu ada hal mendadak seperti mobil mogok, dan lain sebagainya yang tidak diinginkan terjadi.


Pilih sopir berkualifikasi

Ini hanya bagi Anda yang menyediakan jasa sopir. Tidak semua rental bisnis diwajibkan mempunyai jasa sopir kok. Paling penting, pilihlah sopir yang mengemudi dengan baik dan tahu rute jalan. Sebuah nilai tambahan jika sopir tersebut mengerti sedikit tentang mesin mobil. Siapa tahu jika ditengah jalan mobil macet, sopir tersebut bisa membetulkannya. Mobil Anda akan selalu dalam keadaan prima karena berada ditangan yang tepat.


Belilah mobil yang terjangkau

Supaya harga yang Anda berikan ke konsumen terjangkau, tentu juga harus membeli mobil dengan harga terjangkau. Namun, jangan membeli mobil yang hanya memiliki harga murah, tetapi tidak berkualitas bagus. Lebih baik anda membeli mobil yang sedikit lebih mahal namun berkualitas, agar tahan lama. Pelanggan juga tidak akan mau menyewa mobil yang berkualitas jelek meskipun harganya murah. Ini juga menyangkut keselamatan mereka sendiri ketika mengendarai mobil tersebut.

Selain itu, perhitungkan juga pemakaian bensin dari mobil tersebut. Apakah mobil itu irit bensin? Lalu, perhitungkan juga biaya servis serta suku cadang dari mobil itu. Terkadang, ada mobil terjangkau namun susah untuk mendapatkan suku cadangnya, atau harga servisnya mahal. Ini akan membantu menghemat pengeluaran Anda, serta menambah pendapatan bagi Anda.


Perkenalkan jasa rental Anda

Banyak cara untuk memperkenalkan jasa rental. Anda bisa memanfaatkan media online yang sedang heboh sekarang ini. Anda juga bisa menyebarkan brosur di tempat-tempat ramai, memasang iklan baris dikoran, terutama ketika sedang mendekati musim liburan. Tidak hanya itu, dengan  memasang spanduk besar di depan usaha rental agar orang yang melihat langsung tahu bahwa Anda mempunya usaha rental mobil.


Bekerja sama dengan perusahaan 

Biasanya, perusahaan besar rutin mendapatkan tamu bisnis dari berbagai tempat. Ketika mereka mendapat tamu, mereka tentu membutuhkan transportasi untuk menjemput serta mengantar tamu tersebut ke berbagai tempat. Terkadang, perusahaan tersebut tidak menyediakan mobil atau bisa kehabisan mobil bagi tamu mereka. Nah, disaat seperti inilah jasa rental mobil dibutuhkan.

Anda bisa mengunjungi perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan mobil seperti yang tersedia di usaha rental Anda. Buatlah sebuah proposal kerjasama yang tentu memberikan harga lebih murah jika mereka bersedia bekerja sama. Jika mereka setuju, akan mendapatkan pelanggan tetap. Meski harganya lebih murah, tetapi akan selalu mendapat pelanggan serta dapat mempromosikan bisnis ke klien-klien perusahaan yang menggunakan mobil Anda.


Bekerja sama dengan bengkel

Ini bisa diterapkan ketika usaha rental mobil sudah berkembang. Semakin berkembang usaha rental Anda, tentu jumlah mobil yang dimiliki semakin banyak. Setiap mobil memerlukan perawatan dalam jangka waktu tertentu. Jika tidak, performa mobil akan berkurang dan tidak nyaman ketika dipakai. Tentunya, Anda tidak ingin kehilangan pelanggan hanya karena hal ini.

Bekerja sama dengan bengkel tertentu merupakan langkah tepat untuk dilakukan. Tujuannya, agar anda mendapatkan harga yang lebih murah daripada biasanya ketika anda servis rutin atau memperbaiki bagian tertentu. Seharusnya pihak bengkel pun akan menerima ajakan kerjasama ini dengan baik asal masih menguntungkan bagi kedua pihak. Mereka mendapatkan pelanggan tetap, sedangkan kita mendapat harga yang lebih murah.


Punya asuransi mobil

Apa yang akan terjadi tidak bisa diprediksi oleh manusia. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya memiliki asuransi untuk mobil. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda, tidak perlu pusing memikirkan biaya yang begitu besar. Dengan adanya asuransi, pihak asuransi akan membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentu saja, harus membayar premi asuransi secara rutin tiap bulannya. Tetapi, hal ini sebanding dengan apa yang akan didapatkan. Jika tidak ada asuransi, Anda harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal untuk biaya kerusakan yang Anda maupun pelanggan tidak inginkan. Pilihlah asuransi terpercaya yang sesuai dengan kebutuhan.


Berani melangkah maju

Ketika usaha rental mobil semakin ramai, stok mobil akan cepat habis karena banyak yang mau menyewa mobil Anda. Disaat keadaan ini terjadi, janganlah berpuas diri dan duduk diam. Anda harus berani menambah stok mobil agar bisa memuaskan kebutuhan pelanggan. Jika mobil habis terus menerus ketika hendak disewa pelanggan, pelanggan bisa beralih ke usaha rental mobil lainnya. Anda juga bisa memperluas bisnis dengan membuka cabang di tempat atau kota lain.
Diberdayakan oleh Blogger.