Header Ads

Breaking News
recent

10 Kelebihan dan Keuntungan dari Bisnis Refleksi


Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan keuntungan masing-masing. Jika sebuah bisnis tidak memberikan keuntungan apapun, saatnya Anda berpikir dua kali untuk melanjutkan bisnis tersebut. Sering kali orang hanya melihat keuntungan secara fisik yang mereka dapatkan. Keuntungan yang kasat mata seringkali terlupakan.

Artikel ini akan membahas tentang keuntungan bisnis refleksi. Dibandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis refleksi tidak hanya memberikan keuntungan secara finansial bagi Anda. Banyak keuntungan non-finansial yang tidak disadari dalam bisnis refleksi. Apa saja ya keuntungan dari bisnis refleksi? Simak 10 kelebihan dan keuntungan yang dapat Anda peroleh dari bisnis refleksi.


Bahan baku minim

Bisnis refleksi adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa. Jadi tentu saja Anda tidak perlu berbelanja banyak untuk bahan baku atau barang untuk stok. Bukan berarti di bisnis refleksi sama sekali tidak ada bahan baku. Namun, bahan baku untuk bisnis refleksi hanyalah minyak untuk pijat, aroma terapi, serta air untuk pelanggan. Mayoritas lainnya terletak pada servis yang diberikan serta fasilitas tetap yang memadai.

Jika bahan baku tidak banyak, hal ini akan meminimalisasi barang hilang serta waktu kadaluarsa dari suatu produk. Anda tidak perlu repot untuk memikirkan banyak hal serta membuat jadwal pembelian barang. Anda juga menghemat pegawai karena tidak perlu pengawasan khusus. Selain itu, keuntungan juga akan banyak karena tidak perlu menghabiskan biaya untuk membeli berbagai macam bahan.


Harga fasilitas terjangkau

Inti dari  bisnis refleksi adalah kursi yang digunakan serta minyak aroma terapi bagi pelanggan. Harga dari fasilitas ini sangatlah terjangkau. Tidak ada harga yang mencapai puluhan juta rupiah. Beda halnya dengan usaha seperti restoran yang membutuhkan berbagai peralatan memasak yang relatif mahal serta bahan baku yang banyak. Apalagi jika restoran tersebut membutuhkan bahan-bahan khusus yang tidak ada di Indonesia.


Fasilitas mudah didapatkan

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa dengan mudah mencari kursi serta minyak untuk refleksi. Anda bisa pergi ke supermarket besar untuk membeli minyak refleksi serta kursi yang standar. Jika usaha refleksi Anda memiliki ciri khas tertentu, tentu perlu menyediakan minyak khusus bagi pelanggan. Namun, hal ini juga sangatlah mudah karena di Indonesia banyak sekali bahan alam serta produser yang memproduksi minyak terapi.


Jika Anda lelah, tempat pijat tepat didepan Anda

Nah, ini keuntungan yang paling nyaman yang bisa didapatkan. Jika merasa lelah, tinggal duduk di salah satu tempat refleksi Anda, lalu bisa menikmati pijatan dari pegawai. Tidak hanya itu, Anda secara langsung bisa menilai performa serta layanan dari pegawai. Semua hal ini didapatkan secara gratis karena Andalah yang mempunyai usaha refleksi ini.

Tetapi, jangan pijat ketika kondisi tempat refleksi Anda sedang ramai. Anda bisa pijat disaat keadaan sepi dan jarang ada pelanggan. Selalu prioritaskan pelanggan untuk dipijat terlebih dahulu. Jika tidak, pelanggan bisa saja batal pijat karena malas menunggu. Bukan mendapatkan untung, malah akan kehilangan pelanggan.


Tempat yang dibutuhkan kecil

Bisnis refleksi tidak perlu tempat yang besar. Tempat kecil saja sudah cukup, asalkan tempat itu bersih dan nyaman. Untuk bisa menampung banyak pelanggan, siasatilah tempat refleksi Anda dengan meletakkan kursi secara berdekatan satu sama lain. Jangan lupa untuk selalu memikirkan kenyamanan pelanggan. Meskipun letaknya berdekatan, tetap berikan ruang serta privasi kepada pelanggan. Contohnya saja, Anda bisa memberi tirai sebagai pembatas antar kursi.


Bisa mobile atau berpindah

Jika ada sebuah event lepas, bisnis refleksi juga bisa ikut bergabung di dalamnya. Hal ini memungkinkan karena kursi yang tersedia bisa dipindahkan dengan mudah. Bahan yang digunakan seperti minyak juga bisa dibawa dengan praktis. Jadi, kita bisa meraup keuntungan lebih banyak serta memperkenalkan bisnis refleksi kita pada event-event tertentu.


Tidak hanya itu saja, jika ada pelanggan yang malas pergi ke tempat refleksi, kita bisa pergi ke rumah pelanggan tersebut. Hal yang perlu kita bawa hanya minyak serta aroma terapi saja. Di rumah pelanggan tentu terdapat kursi maupun tempat tidur. Jadi usaha refleksi ini sangat flexible.


Mudah mendapatkan tenaga kerja

Kerja refleksi hanya membutuhkan tenaga serta sedikit pengetahuan seputar pijat. Sehingga, merekrut pekerja pun tidak susah karena tidak perlu memiliki keahlian khusus. Meskipun demikian, jangan asal dalam memilih tenaga kerja. Pilihlah orang yang rajin serta jujur untuk menjadi pegawai Anda.


Semua orang pasti pernah lelah

Market untuk bisnis refleksi sangat luas. Bisnis refleksi tidak akan kesulitan mencari pelanggan karena setiap orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa, tentu saja pernah merasakan lelah dan tidak bertenaga. Terutama para orang dewasa dan orang tua, pasti gampang sekali merasakan lelah. Apalagi semenjak lalu lintas di kota besar menjadi lebih padat daripada sebelumnya. Orang pasti lelah karena banyak menunggu di jalan.

Melihat fakta ini, permintaan pelanggan akan selalu ada dan banyak yang belum terpenuhi. Meskipun target market refleksi dijamin luas, jangan hanya bersantai dan menunggu pelanggan datang. Ingatlah bahwa Anda juga memiliki banyak pesaing. Anda juga harus tetap promosi serta berusaha menarik pelanggan.


Gaya hidup sehat yang sedang naik daun

Sekarang ini, banyak orang yang sedang berlomba-lomba untuk hidup sehat. Berbagai cara mereka lakukan seperti minum air detoks, ikut kelas yoga, dan lain sebagainya. Namun, semua itu membutuhkan tenaga. Banyak yang belum menyadari bahwa refleksi juga menjadi salah satu cara hidup sehat. Saat refleksi, pelanggan cukup duduk dengan manis menikmati waktu mereka, namun badan mereka bisa menjadi lebih bugar.

Peluang ini harus Anda manfaatkan dengan baik. Jika banyak orang mulai sadar bahwa mereka hanya perlu refleksi rutin untuk hidup sehat, maka keuntungan yang di peroleh akan semakin bertambah. Mulailah tekankan pada pelanggan bahwa pijat refleksi dapat menyehatkan badan serta memperlancar aliran darah.


Tidak bisa kadaluarsa

Tidak seperti makanan yang ada tanggal kadaluarsanya, pijat refleksi tidak akan memiliki tanggal kadaluarsa. Tentu saja minyak terapi Anda ada tanggal kadaluarsa, tetapi biasanya tanggal kadaluarsa minyak terapi cukup lama. Sehingga, Anda tidak akan terlalu rugi jika usaha sepi, karena tidak ada apapun yang terbuang. Lain halnya dengan usaha makanan, jika sepi, maka makanan akan basi dan terbuang.

Itulah 10 kelebihan dan keuntungan dari bisnis refleksi. Masih banyak orang yang memandang bisnis refleksi hanya sebelah mata karena terlihat tidak berkelas dan tidak berprospek. Padahal, bisnis refleksi memiliki banyak keuntungan dan sangat flexible. Apakah Anda mau mencoba membuka bisnis refleksi?
Diberdayakan oleh Blogger.