Header Ads

Breaking News
recent

8 Tips Agar Tidak Boros Saat Berbelanja

Berbelanja menjadi satu hal yang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Berburu dan membeli barang yang kita sukai mulai dari baju, sepatu, aksesoris hingga keperluan – keperluan lainnya, dapat menjadi salah satu alternative refreshing di tengah kesibukan yang semakin padat. Konsekuensinya, apabila kita banyak berbelanja, tentu kita juga akan menghabiskan banyak uang sehingga pengeluaran pun menjadi membengkak. Hal inilah yang akan membuat kita menjadi boros.

Jika gaya hidup yang boros telah bersarang pada hidup kita, rasanya sulit untuk bergerak menuju gaya hidup hemat. Tapi, kita bisa mensiasatinya, dengan berbelanja hemat tanpa harus menghambur -  hamburkan uang sepenuhnya. Wah, bagaimana caranya? Yuk, simak 8 ulasan singkat tips belanja agar tidak boros dari BisnisHack di bawah ini!



1. Buatlah daftar barang prioritas

Keinginan untuk memiliki banyak barang yang disukai tentu sangatlah wajar. Bila Anda memiliki banyak target untuk membeli beberapa barang, buatlah daftar prioritas dari seluruh barang yang ingin Anda beli tersebut. Urutkan dari barang mana yang paling Anda butuhkan dalam waktu dekat. Setelah itu, sesuaikanlah dengan budget Anda. Bila budget Anda memenuhi untuk membeli dua barang prioritas teratas, maka belilah barang tersebut jika memang benar – benar dibutuhkan. Apabila budget Anda hanya terbatas untuk membeli prioritas barang pertama saja, maka tundalah barang – barang selanjutnya untuk dibeli pada periode berikutnya setelah budget Anda kembali terkumpul.


2. Langsung ke tujuan

Bila Anda sudah terpikir untuk membeli suatu barang tertentu, maka pergilah ke pusat perbelanjaan dimana Anda dapat membeli barang tersebut. Agar kegiatan belanja Anda semakin efektif dan efisien, pergilah langsung menuju pusat perbelanjaan yang Anda tuju. Usahakan jangan mampir ke tempat lain terlebih dahulu, karena dikhawatirkan Anda akan mudah tergoda dengan barang – barang yang berada di tempat lain. Kalau sudah begitu, akan ada kemungkinan Anda harus mengeluarkan budget lebih besar karena harus membeli barang yang di luar rencana belanja Anda.


3. Jangan beli barang lebih banyak dari yang bisa Anda bawa

Bila kebutuhan Anda tidak seberapa, sebaiknya Anda berbelanja dengan seperlunya. Jangan asumsikan diri Anda sanggup untuk membawa belasan kantong belanjaan yang besar, dimana hal tersebut juga akan menyusahkan diri Anda sendiri menuju perjalanan pulang ke rumah. Memang Anda bisa menyewa kurir atau jasa angkut, akan tetapi hal tersebut tentu akan menambah biaya lagi. Nah, untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda dapat dengan bijak menentukan untuk membeli barang – barang apa saja yang benar – benar Anda butuhkan. Dengan demikian, Anda dapat berbelanja dan pulang dengan nyaman dan tenang.


4. Siapkan budget dengan nominal tertentu

Dari seluruh uang Anda, tetapkanlah nominal tertentu sebagai anggaran belanja Anda. Pastikan jumlahnya tidak terlalu berlebihan agar Anda bisa mengontrol keuangan dan tabungan Anda. Dengan menetapkan budget tertentu pula, Anda dapat mengontrol potensi belanja Anda yang berlebihan dan terkesan menghambur – hamburkan uang.


5. Bawa uang secukupnya

Meski budget telah ditetapkan, tidak ada salahnya pula Anda membawa uang cash di dompet secukupnya. Bila Anda membawanya berlebihan, tentu Anda akan ‘kalap’ dalam membelanjakan uang Anda, terlebih lagi bila Anda banyak menyukai barang – barang di tempat belanja tersebut. Dengan membawa uang terbatas, Anda akan semakin selektif memilih barang dengan kualitas tinggi dan harga yang cukup murah. Sementara itu, keinginan Anda untuk membeli banyak barang pun dapat ditahan. Anda juga dapat menggunakan seluruh budget Anda untuk beberapa kali kegiatan berbelanja. Misalnya budget yang Anda tetapkan untuk belanja adala 1 juta, sementara setiap belanja Anda hanya membawa 250ribu rupiah saja, Anda bisa berbelanja sebanyak 4 kali dalam satu bulan, kan?


5. Hitung seluruh barang belanjaan sebelum ditotal di kasir

Tak ada salahnya setelah Anda asyik berbelanja dan semua barang telah terkumpul, Anda menghitung secara garis besar dari barang – barang yang telah Anda pilih sebelum dibayarkan ke kasir. Hal ini ditujukan agar Anda dapat menyesuaikannya dengan uang yang Anda bawa pada saat berbelanja. Karena menjadi hal yang sangat biasa, bila pada saat berbelanja kita menjadi kebablasan membeli barang secara berlebihan. Perkirakan banyaknya belanjaan Anda dengan uang yang Anda bawa pada saat itu. Dengan begitu, masalah kekurangan uang dan menggunakan kartu kredit pun akan terhindari.


6. Bawa daftar belanjaan dari rumah

Jika tujuan Anda berbelanja dalam jumlah yang banyak, segeralah buat daftar barang – barang yang akan Anda beli nantinya pada saat berbelanja. Hal ini ditujukan agar Anda memiliki panduan dan patokan dasar untuk membeli jenis barang apa saja. Jika hal ini tidak diperhatikan, khawatir Anda akan membeli barang – barang yang tidak dibutuhkan sehingga membuat pengeluaran Anda semakin membengkak. Dengan begitu, keuangan Anda dapat diatur lebih mudah ketika berbelanja.


7. Carilah diskon, tetapi jangan terjebak dalamnya

Harga diskon dan harga promo menjadi surga tersendiri bagi pecinta belanja. Hal ini memang mengasyikkan sekaligus menguntungkan, karena selain berburu barang yang mahal, branded, bahkan dengan kualitas tinggi, seorang pecinta belanja juga akan mendapatkan harga yang murah. Mencari barang kualitas tinggi dengan harga diskon adalah salah satu cara berbelanja hemat, dengan catatan pintar dan selektif memilih barang yang disukai. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan diri Anda agar tidak larut dalam harga diskon. Bila Anda terlena dengan puluhan tas, sepatu ataupun baju branded yang dijual dengan harga miring, tentu Anda akan membeli sebagian besar barang tersebut untuk koleksi Anda. Alih – alih berasumsi ‘mumpung harga diskon’, tetapi di sisi lain, hal ini akan mengakibatkan pengeluaran Anda membengkak dan barang pribadi Anda pun semakin menumpuk.


8. Jangan berbelanja dalam kondisi lapar

Ketika lapar, kerja otak tidak maksimal untuk tanggap mengambil keputusan yang bijak. Jadi, sebaiknya Anda jangan berbelanja ketika kondisi lapar. Makanlah terlebih dahulu jika Anda akan berbelanja. Lebih bagus lagi, bila Anda makan di rumah, karena itu akan lebih menyelamatkan uang Anda. Bila Anda berada dalam kondisi lapar saat berbelanja, Anda akan cenderung tidak konsentrasi dalam memilih barang yang Anda inginkan. Biasanya, Anda justru akan cenderung memilih barang yang tidak dikira – kira. Jangan sampai Anda menyesal dengan pilihan Anda saat berbelanja dengan kondisi lapar. Bila Anda sudah makan terlebih dahulu di rumah, hal ini juga akan menghemat pengeluaran Anda untuk tidak makan di restoran ataupun cafĂ© di sekitar pusat perbelanjaan, yang tentunya harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan makan di rumah.
Diberdayakan oleh Blogger.