Header Ads

Breaking News
recent

7 Tips Sukses Untuk Investor Muda

Sukses di usia muda merupakan impian semua orang. Kini, cukup banyak anak muda yang berani untuk mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Ya, dunia bisnis juga erat kaitannya dengan dunia investasi. Sebetulnya, bagaimana sih investasi itu?

Pada dasarnya, investasi adalah sistem dimana Anda mengeluarkan atau menyimpan sejumlah uang pada suatu lembaga, instansi atau suatu pihak, dimana dengan hal ini Anda berharap mendapatkan keuntungan finansial yang lebih besar. Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian barang modal yang tidak dikonsumsi, tetapi digunakan untuk produksi pada masa mendatang. Contoh sederhananya, Anda menginvestasikan sejumlah uang untuk pembangunan restoran, Anda menanam saham di sebuah perusahaan, Anda menginvestasikan tanah Anda untuk lokasi usaha, dan masih banyak lagi.

Apakah untuk berinvestasi harus menunggu tua? Tentu tidak! Banyak celah yang bisa kita temukan untuk melakukan investasi bisnis di dalamnya. Dengan harapan anak muda bisa meraih kehidupan yang mapan sedini mungkin. Akan tetapi, banyak juga yang takut untuk terjun dalam dunia investasi ini. Nah, kali ini BisnisHack akan menjelaskan beberapa tips untuk anak muda dalam melakukan investasi. Berikut uraiannya.


1. Mulailah berinvestasi sedini mungkin

Sudahkah Anda mencoba investasi saat ini? Jika belum, mulailah dari sekarang. Jangan pernah takut rugi, karena rasa takut akan jauh lebih buruk dibanding Anda tidak pernah mencobanya. Selagi masih muda, cobalah investasi sedini mungkin. Mulailah dari bisnis – bisnis kecil, sekedar membantu teman membangun usaha counter pulsa, warnet ataupun fotokopi dan print. Kalau bukan sekarang, lantas kapan?


2. Belajar sambil berproses

Ketika Anda sudah terjun di dalam dunia investasi, jangan pernah malu, takut ataupun segan untuk bertanya pada orang – orang yang sudah berpengalaman. Agar lebih matang, ikutilah seminar – seminar bisnis berkualitas yang ramai diadadakan oleh berbagai lembaga. Seraplah ilmu dari berbagai macam sumber, termasuk dari buku – buku tentang bisnis dan investasi. Dari pelajaran dna teori – teori yang Anda dapatkan, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada bisnis investasi yang sedang Anda jalankan. Efektif bukan?

Sejauh mana Anda belajar, sejauh itu pula Anda berproses. Ingat, bahwa proses adalah bagian paling berharga dari sebuah hasil. Gunakan kesempatan itu untuk menggali informasi dan pengetahuan sebanyak – banyaknya, sebagai bekal pada investasi dan bisnis Anda kedepannya.


3. Lebih banyak menabung

Modal dasar investasi memang tidak harus selalu uang, terkadang juga dapat berupa barang. Namun, sadarkah Anda bahwa pada dasarnya intinya semua berawal dari uang? Ya, dengan demikian, sisihkanlah uang Anda khusus untuk berbisnis. Usahakan sebagai modal awal Anda dalam berinvestasi adalah uang Anda sendiri, bukan dari orang tua. Dengan demikian, Anda akan lebih menghargai jerih payah Anda sendiri, dan ini terbukti berpengaruh baik pada investasi Anda ke depannya. 

Untuk mengumpulkan modal dalam berinvestasi, sisihkanlah uang Anda untuk ditabung. Janganlah terlalu banyak membelanjakan uang Anda, apalagi untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan. 
Bijaklah dalam mengatur pengeluaran Anda, sehingga Anda bisa menyisihkan sebagian uang Anda ke dalam tabungan. Dari tabungan tersebut, Anda dapat menggunakannya sebagai modal awal untuk berbisnis dan berinvestasi. 


4. Cobalah untuk berinvestasi dalam berbagai macam hal

Menanam tanaman pada kontur tanah yang berbeda – beda, hasilnya pun akan berbeda – beda pula. Begitu juga pada modal bisnis. Bila Anda menanamkan modal pada perusahaan percetakan, hasilnya tentu akan berbeda dengaan hasil investasi Anda pada perusahaan restoran atau cafĂ©. Ya, maka dari itu, Anda harus betul – betul memahami peta investasi bisnis dari berbagai bidang usaha, serta mencobanya dengan pantang menyerah.

Selagi masih muda, cobalah berbagai bidang bisnis yang ingin Anda geluti untuk berinvestasi. Jika semisal terjadi ketidakcocokan, kesalahan bahkan kegagalan, Anda bisa menjadikannya sebagai pengalaman yang sangat berharga, yang bisa Anda gunakan untuk proses investasi Anda berikutnya, baik di bidang usaha yang sama ataupun bidang bisnis yang berbeda. 


5. Atur tabungan dan hutang – hutang Anda dengan baik

Pastikan bahwa tabungan Anda tidak Anda gunakan untuk keperluan yang lain. Jadikan tabungan Anda adalah modal awal dari bisnis investasi Anda. Cukupi kebutuhan Anda dan jumlah nominal tabungan Anda untuk memulai usaha atau investasi. Bila Anda memiliki tanggungan biaya cicilan, hutang dan sebagainya, aturlah semua itu dengan sebaik mungkin. Usahakan Anda memenuhi kewajiban Anda untuk melunasi hutang – hutang Anda terlebih dahulu sebelum Anda memaksimalkan tabungan Anda guna memulai bisnis investasi yang dinilai menjanjikan ini.


6. Pahami aturan main bisnis yang berlaku

Terjun dalam dunia bisnis memang menantang, layaknya terjun dalam labirin permainan. Untuk menjalankan dan memainkannya, tentu ada patokan – patokan khusus dan aturan – aturan yang sedang berlaku di dalamnya. Pelajarilah hal tersebut sebaik mungkin, agar Anda bisa bermain dengan baik dan tidak terjebak dalam tipuan rekan bisnis Anda. Anda bisa mempelajarinya dengan Lihailah dalam memecahkan masalah, tanggap dalam mengambil keputusan serta selalu menjadi rekan bisnis yang baik. Dengan demikian, hasil yang Anda peroleh, baik berkenaan dengan profit ataupun reputasi, juga akan semakin baik.


7. Bila gagal, coba lagi!

Bisnis dan gagal? Sudah biasa. Bisnis dan gagal kemudian bangkit lagi? Itu baru luar biasa. Seperti yang kita ketahui, bahwa menjalankan bisnis butuh perjuangan yang cukup berat. Semua tergantung pada usaha, tekad, dan kemauan untuk selalu berada selangkah lebih maju dibandingkan mereka orang – orang yang tidak terjun dalam dunia bisnis. Jatuh bangun dalam membangun bisnis, termasuk investasi di dalamnya, merupakan hal yang sangat biasa. Usaha kita benar – benar diperhitungkan untuk membuat kondisi bisnis yang sedang kita kembangkan menjadi stabil. 

Bila Anda mengalami kegagalan, jangan menyerah. Cobalah lagi bisnis Anda baik dengan bidang yang sama ataupun yang berbeda dari sebelumnya. Pastikan Anda merasa bahwa dengan kegagalan yang Anda alami, Anda akan memiliki pengalaman yang luar biasa harganya, yang bisa Anda gunakan sebagai pembelajaran untuk membangun bisnis selanjutnya. Intinya, jangan pernah takut gagal, karena apapun yang Anda jalani juga bergantung pada apa yang Anda pikirkan. Think positive, and positive things will happen.

Demikian 7 tips dari BisnisHack untuk Anda yang ingin berbisnis dengan investasi pada usia muda. Jadi, masih ragu untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis di usia dini? Siapa takut!
Diberdayakan oleh Blogger.